Resep Membuat Cakwe Enak dan Empuk

Resep Membuat Cakwe Enak dan Empuk ~ kembali lagi blog Resep Masakan akan sharing beberapa resep dan info cara membuat berbagai makanan, masakan dan minuman dari kuliner nusantara atau manca. Nah untuk pada kesempatan kai ini kami bagikan Resep Membuat Cakwe Enak dan Empuk, selengkapnya bisa anda simak dibawah ini.

Resep Membuat Cakwe Enak dan Empuk

Resep Membuat Cakwe Enak dan Empuk. Yu Tiao atau lebih banyak dikenal dengan nama Cakwe ini memang banyak digemari oleh berbagai macam kalangan dan usia. Camilan yang satu ini memenag mempunyai banyak seklai jenis dan varian tergantung selera kita mau memilih yang mana, ada cakwe bubur, cakwe mini dan ada juga varian Cake yag diisi udang. Cara membuatnya pun juga simpel dan praktis sehingga sekarang ini sudah banyak kita jumpai di pinggir-pinggir jalan terdapat abang pedagang cakwe yang menjajakan camilan ini untuk anak-anak.



 Anak-anak sangat menyukai camilan ini, karena harganya yang murah dan rasanya yang bervarian membuat anak-anak tertarik membelinya jika membeli di jalanan kita tidak bisa menjamin apakan cara memasaknya sudah benar dan sehat bebas dari macam penyakit. Agar lebih aman dan sehat bagi anak-anak bukannya lebih baik kalau kita memasaknya sendiri. Kali ini admin ingin berbagi resep membuat cakwe yang enak dan empuk.

Bahan :
    250 gram tepung terigu
    1/2 sdt Baking soda
    3/4 Garam dapur beryodium halus
    1/2 sdm Baking Powder
    200 ml air bersih
    2 sdm Saus tomat
    1 pcs Bawang putih lokal ukurang sedang. Kupas kulitnya kemudian haluskan untuk campuran saus Resep Cakwe.
    1 sdt Gula pasir
    1/2 sdm tepung maizena (bahan saus).
    1/2 sdt Garam dapur beryodium (bahan saus).
    1/2 sdm sambal instan atau sambal botol (bahan saus).
    200 ml Air bersih matang (bahan saus).
    Minyak goreng secukupnya

Resep Membuat :
  1.     Pertama ambil satu wadah cukup besar. Masukkan 3/4 sendok teh garam dapur beryodium, baking soda dan 1/2 sendok baking powder. Aduk dan campur semua bagian sampai tercampur rata.
  2. Kemudian masukkan tepung terigunya dan campur sampai rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  3. Masukkan air bersih kurang lebih 200 ml. Campur dan aduk semua bahan sampai rata dan kalis. Diamkan kurang lebih selama 15 menit sampai 20 menit.
  4. Aduk dan uleni lagi adonan dari pinggir ke tengah sampai tercampur rata. Dimamkan lagi selama 20 menitan.
  5. Ulangi proses ini 3-4 kali sampai adonan kue cakwenya elastis dan bisa dibentuk.
  6. Balik adonan yang sudah elastis dan beri sedikit minyak di atas permukaannya. hal ini dilakukan supaya adonan kue nya tetap lembab. Diamkan lagi selama kurang lebih 50 menit sampai 1 jam.
  7.  Masukkan adonan diatas ke dalam plastik yang bersih. Diamkan di dalam plastik kurang lebih selama 3 jam sampai 4 jam.
  8.  Keluarkan adonan dan giling/tekan dengan kayu atau botol. Tekan adonan sampai agak tipis dengan ukuran tebal kurang lebih sekitar 0.5-1 cm, lebar 2-3 cm dan panjangnya sekitar 5-6 cm. Jangan lupa tempatnya diberi sedikit tepung supaya adonan tidak lengket.
  9.   Rekatkan dan tempel 2 potongan adonan dengan air. Tekan bagian tengah sambungannya dengan sumpit dari atas ke bawah. hati hati saat menekan dan jangan sampai putus.
  10. Siapkan penggoengan dengan minyak cukup banyak dan api sedang kecil. Tunggu minyak sampai benar benar panas dan kemudian masukkan beberapa potong adonan di atas. Jangan lupa sebelum dimasukkan k dalam minyak tarik adonan sampai memanjang.
  11.  Goreng sambil dibolak balik sampai kuning kecoklatan.
  12. Untuk membuat sausnya tinggal mencampur gula pasir, garam, saus sambal, saus tomat, bawang yang sudah dihaluskan dan air matangnya.
  13. Aduk aduk sebentar sampai semua bahan tercampur dan rebus sampai mendidih.
  14. Angkat dan masukkan tepung maizena sedikit demi sediki sambil tetap diaduk.

Demikianlah resep yang dapat admin bagikan hari ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu sobat onliners dalam menyajikan variasi masakan bagi keluarga dan orang-orang tercinta. 

Resep Membuat Cakwe Enak dan Empuk | Admin | 5

0 komentar:

Posting Komentar